Menu Close

Cara Menggunakan Google Analytics Untuk Menganalisis Tren Dan Preferensi Pengguna

  1. Daftar Akun Google Analytics, dan ikuti petunjuk yang ditampilkan.
  2. Tambahkan kode pelacakan Google Analytics di situs web Anda.
  3. Aktifkan pelacakan e-commerce jika Anda memiliki situs belanja online.
  4. Tetapkan sasaran situs web Anda.
  5. Perhatikan Jumlah Pengunjung Unik yaitu Total Jumlah Pengguna, Pengguna Baru, Pengguna yang Kembali, dan Pengguna Aktif.
  6. Tinjau Sumber Lalu Lintas, ketahui dari mana sumber pengunjung (Search, Social, Direct, dan Others)
  7. Analisis Perilaku Pengunjung, bagaimana mereka menjelajahi situs (Halaman Terpopuler, Halaman Pendaratan, Halaman Keluar, Waktu Rata-rata di Situs, dan Rasio Pentalan)
  8. Lacak Konversi, terutama apabila situs Anda berjualan (Tingkat Konversi, Pendapatan, dan Nilai Rata-rata Pesanan)
  9. Aktifkan Pelaporan Geo, untuk mengetahui lokasi pengunjung Anda.
  10. Gunakan Segmentasi Pengunjung, lihat data pengunjung tertentu (Lokasi, Peramban yang Digunakan, Jenis Perangkat, dan sumber Lalu Lintas)
  11. Terapkan Filter, untuk menampilkan laporan yang akurat (Filter Tanggal, Filter Pencarian, dan Filter Geografis)
  12. Gunakan fitur pelacakan lainnya, termasuk pelacakan pemasaran (dapat diintegrasikan dengan Google Ads, Google Search Console), pelaporan sosial, dan pelaporan ponsel.
  13. Dapatkan laporan analitik lengkap melalui email di Email Notification, Google Analytics memberikan fitur dimana Anda tidak perlu login untuk dapatkan laporan periodik.