Hubungkan Google Analytics dengan Situs Web Anda:
- Masuk ke akun Google Analytics Anda.
- Klik Admin.
- Di kolom Properti, klik Info Pelacakan.
- Salin kode pelacakan.
- Tambahkan kode pelacakan ini ke header atau footer situs web Anda.
Atur Tujuan Kampanye Konten Anda:
- Masuk ke akun Google Analytics Anda.
- Klik Admin.
- Di kolom Tampilan, klik Tujuan.
- Klik Tujuan Baru.
- Pilih jenis tujuan yang ingin Anda lacak.
- Misalnya, jika Anda ingin melacak jumlah pengunjung yang membeli produk setelah membaca artikel blog, Anda dapat memilih Pembelian.
- Beri nama untuk tujuan Anda dan klik Lanjutkan.
Buat Segmen Audiens untuk Kampanye Konten Anda:
- Masuk ke akun Google Analytics Anda.
- Klik Audiens.
- Klik Segmen Audiens Baru.
- Beri nama untuk segmen audiens Anda dan klik Lanjutkan.
- Pilih kondisi untuk menyertakan pengguna dalam segmen audiens Anda.
- Misalnya, jika Anda ingin menyertakan pengguna yang telah membaca artikel blog tertentu, Anda dapat memilih kondisi Halaman yang dilihat dan memasukkan URL artikel tersebut.
- Klik Terapkan.
Analisis Data Kampanye Konten Anda:
- Masuk ke akun Google Analytics Anda.
- Klik Laporan.
- Klik Akuisisi.
- Klik Semua Lalu Lintas.
- Pada menu Saluran, pilih Konten.
- Anda akan melihat laporan yang menunjukkan kinerja kampanye konten Anda.
- Anda dapat melihat jumlah pengunjung yang berasal dari kampanye konten Anda, lama waktu yang mereka habiskan di situs web Anda, halaman yang mereka lihat, dan tujuan yang mereka selesaikan.
Gunakan Data untuk Mengoptimalkan Kampanye Konten Anda:
- Setelah menganalisis data kampanye konten Anda, Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengoptimalkan kampanye Anda.
- Misalnya, jika Anda melihat bahwa artikel blog tertentu menghasilkan banyak pengunjung, Anda dapat membuat konten serupa yang terkait dengan topik tersebut.
- Jika Anda melihat bahwa postingan media sosial tertentu menghasilkan banyak interaksi, Anda dapat membuat postingan serupa di platform media sosial lainnya.